WAWANCARA
WAWANCARA
Salah satu metode pengumpulan data adalah dengan jalan wawancara, yaitu
mendapatkan informasi dengan cara bertanya langsung kepada responden.
Cara inilah yang banyak dilakukan di Indonesia belakangan ini.
Wawancara merupakan salah satu bagian terpenting dari setiap survey.
Tanpa wawancara, peneliti akan kehilangan informasi yang hanya dapat
diperoleh dengan jalan bertanya langsung kepada responden. Data semacam
itu merupakan tulang punggung suatu penelitian survey.
A. Pengertian Wawancara
Yang dimaksud dengan wawancara menurut Nazir (1988) adalah proses
memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab
sambil bertatap muka antara si penanya atau pewawancara dengan si
penjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan interview
guide (panduan wawancara).
Walaupun wawancara adalah proses percakapan yang berbentuk tanya jawab
dengan tatap muka, wawancara adalah suatu proses pengumpulan data untuk
suatu penelitian. Beberapa hal dapat membedakan wawancara dengan
percakapan sehari-hari adalah antara lain:
• Pewawancara dan responden biasanya belum saling kenal-mengenal
sebelumnya.
• Responden selalu menjawab pertanyaan.
• Pewawancara selalu bertanya.
• Pewawancara tidak menjuruskan pertanyaan kepada suatu jawaban, tetapi
harus selalu bersifat netral.
• Pertanyaan yang ditanyakan mengikuti panduan yang telah dibuat
sebelumnya. Pertanyaan panduan ini dinamakan interview guide.
Wawancara merupakan metode pengumpulan data dengan jalan tanya jawab
sepihak yang dilakukan secara sistematis dan berlandaskan kepada tujuan
penelitian (Lerbin,1992 dalam Hadi, 2007). Tanya jawab ‘sepihak’ berarti
bahwa pengumpul data yang aktif bertanya, sermentara pihak yang ditanya
aktif memberikan jawaban atau tanggapan. Dari definisi itu, kita juga
dapat mengetahuibahwa Tanya jawab dilakukan secara sistematis, telah
terencana, dan mengacu pada tujuan penelitian yang dilakukan.
Pada penelitian, wawancara dapat berfungsi sebagai metode primer,
pelengkap atau sebagai kriterium (Hadi, 1992). Sebagai metode primer,
data yang diperoleh dari wawancara merupakan data yang utama guna
menjawab pemasalahan penelitian. Sebagai metode pelengkap, wawancara
berfungsi sebagai sebagai pelengkap metode lainnya yang digunakan untuk
mengumpulkan data pada suatu penelitian. Sebagai kriterium, wawancara
digunakan untuk menguji kebenaran dan kemantapan data yang diperoleh
dengan metode lain. Itu dilakukan, misalnya, untuk memeriksa apakah para
kolektor data memeang telah memperoleh data dengan angket kepada subjek
suatu penelitian, untuk itu dilakukan wawancara dengan sejumlah sample
subjek tertentu.
Mengenai latar belakang pengguanaan wawancara sebagai metode
pengumpulan data pada suatu penelitian, pendapat Allport ( dalam Hadi,
1992) berikut perlu dipertimbangkan: “If we want to know how people
feel, what their experience and what they remember, what their emotions
and motives are like, and the reasons for acting as they do – why not
ask them?” Dari pendapat itu, kita mengetahui bahwa wawancara dapat atau
lebih tepat digunakan untuk memperoleh data mengenai perasaan,
pengalaman dan ingatan, emosi, motif, dan sejenisnya secara langsung
dari subjeknya.
Charles Stewart dan W. B. Cash mendefinisikannya sebagai “sebuah proses
komunikasi berpasangan dengan suatu tujuan yang serius dan telah
ditetapkan sebelumnya yang dirancang untuk bertukar perilaku dan
melibatkan tanya jawab”
Robert Kahn dan Charles Channel mendefinisikan wawancara sebagai “suatu
pola yang dikhususkan dari interaksi verbal – diprakarsai untuk suatu
tujuan tertentu, dan difokuskan pada sejumlah bidang kandungan tertentu,
dengan proses eliminasi materi yang tak ada kaitannya secara
berkelanjutan”.
Karena kata “mewawancarai” dalam penggunaan sehari-hari mengacu pada
begitu banyak jenis interaksi yang berbeda-beda, sulit untuk menulis
satu definisi yang mampu mengakomodasi semuanya. Meskipun demikian,
penting bagi kita untuk menetapkan sebuah definisi mendasar sebagai
sebuah kerangka acuan. Oleh karenanya, kami mendefinisikan wawancara
sebagai suatu bentuk yang dikhususkan dari komunikasi lisan dan bertatap
muka antara orang-orang dalam sebuah hubungan interpersonal yang
dimasuki untuk sebuah tujuan tertentu yang diasosiasikan dengan pokok
bahasan tertentu. Pembahasan mengenai beberapa istilah kunci dari
definisi ini akan menjadikannya lebih bermakna.
Wawancara adalah suatu proses interaksi dan komunikasi. Dalam proses
ini, hasil wawancara ditentukan oleh beberapa faktor yang berinteraksi
dan mempengaruhi arus informasi. Faktor-faktor tersebut ialah:
pewawancara, responden, topik penelitian yang tertuang dalam daftar
pertanyaaa, dan situasi wawancara.
Pewawancara diharapkan menyampaikan pertanyaan kepada responden,
merangsang responden untuk menjawabnya, menggali jawaban lebih jauh bila
dikehendaki mencatatnya. Bila semua tugas ini tidak dilaksanakan
sebagaimana mestinya maka hasil wawancara menjadi kurang bermutu. Syarat
menjadi pewawancara yang baik ialah ketrampilan mewawancarai, motivasi
yang tinggi, dan rasa aman, artinya tidak ragu dan takut untuk
menyampaikan pertanyaan.
Demikian pula responden dapat mempengaruhi hasil wawancara karena mutu
jawaban yang diberikan tergantung pada apakah dia dapat menangkap isi
pertanyaan dengan tepat serta bersedia menjawabnya dengan baik.
B. Jenis Wawancara
Sebagaimana metode lainnya yang digunakan pada penumpulan data, metode
wawancara dibedakan berdasarkan cara pengadministrasiannya menjadi
wawancara pribadi (Lerbin, 2007). Wawancara pribadi dapat dilakukan di
rumah subjek, melalui komputer, dan di tempat perbelanjaan. Wawancara
yang dilakukan di tempat perbelanjaan itu sering disebut wawancara mall
intercept.
Contoh wawancara pribadi:
Pewawancara(P): Apakah Anda sudah pernah merasakan donat J.Co?
Subjek(S) : Sudah pernah.
P : Bagaimana pendapat Anda tentang cita rasa
donat tersebut?]
S : Menurut saya donat tersebut enak, empuk, tidak
terlalu manis, dan jenisnya beraneka ragam.
P : Seberapa sering Anda mengkonsumsi donat
tersebut?
S : Sekitar tiga minggu sekali.
P : Kapan terakhir kali Anda mengkonsumsinya?
S : Dua minggu yang lalu.
Berdasarkan strukturnya, wawancara dibedakan menjadi wawancara
terstruktur dan tidak terstruktur. Pada wawancara terstruktur, hal-hal
yang akan ditanyakan telah terstruktur, telah ditetapkan sebelumnya
secara rinci. Pada wawancara tak terstruktur, hal-hal yang akan
ditanyakan belum ditetapkan secara rinci. Rincian dari topik pertanyaan
pada wawancara yang tak terstruktur disesuaikan dengan pelaksanaan
wawancara di lapangan.
Contoh wawancara terstruktur:
P : Apakah Anda mengetahui tentang peristiwa kebakaran yang terjadi di
komplek pertokoan ini yang baru terjadi kemarin?
S : Iya
P : Kapan peristiwa kebakaran tersebut terjadi?
S : Sekitar pukul 20.30 WIB.
P : Di mana Anda berada saat kebakaran terjadi?
S : Saya berada di dalam toko saya yang berjarak 300m dari kebakaran
tersebut.
P : Bagaimana tindakan Anda begitu mengetahui peristiwa tersebut?
S :Langsung menelpon petugas pemadam kebakaran dan menyelamatkan
berkas-berkas penting serta barang berharga lainnya.
Contoh wawancara tidak terstruktur:
P : Apakah Anda mengetahui akan tawuran antar pelajar SMA yang baru saja
terjadi di kota ini?
S : Iya
P : Anda mengetahui peristiwa tersebut dari mana?
S : Dari teman saya.
P : Apakah teman Anda melihat langsung kejadian tersebut?
S : Iya, ia sedang melintas daerah tersebut saat tawuran terjadi.
P : Apakah teman Anda ketakutan ketika melihat peristiwa tersebut atau
malah mendekat ke lokasi?
S : Ia malah mendekat ke lokasi dan sempat mengambil beberapa foto
kejadian tersebut.
Hal yang dijelaskan pada metode angket banyak berkaitan secara langsung
dengan metode wawancara karena wawancara sendiri memang dapat dipandang
sebagai bentuk lain dari angket, khususnya dari segi
pengadministrasiannya. Sejalan dengan itu, banyak hal-hal yang
dijelaskan pada metode angket dapat juga dugunakan pada pelaksanaaan
wawancara, terutama mengenai pengembangan hal-hal yang akan diungkap
atau ditanyakan.
C. Hubungan dengan Orang yang Diwawancara
Keberhasilan suatu wawancara sangat ditentukan oleh bagaimana hubungan
antara subjek dan pewawancara (Lerbin,2007). Suasana hubungan yang
kondusif (disebut juga sebagai rapport) untuk keberhasilan suatu
wawancara mencakup adanya sikap saling mempercayai dan kerja sama di
antara mereka. Suasana yang demikian dapat diusahakan melalui beberapa
cara, diantaranya pewawancara sebaiknya lebih dulu memperkenalkan diri
dan mengemukakan secara jelas dan lugas tujuan wawancara yang akan
dilakukannya. Hal itu dilakukan dengan sikap rendah hati dan bahwa yang
berkepentinagan adalah pewawancara. Pada awal pertemuan, pewawancara
juga harus menciptakan suasana yang santai dan bebas serta tidak formal
agar proses wawancara dapat berlangsung secara lebih alamiah.
Pewawancara sebaiknya mengawali pembicaraan dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan ‘pemanasan’ sebagai pendahuluan, sekalipun
pertanyaan itu mungkin tidak berkaitan langsung dengan tujuan
penelitian. Kemudian, secara perlahan-lahan, pewawancara mengarahkan
pembicaraan pada tujuan penelitian. Hal itu dilakukan untuk
memperlancar proses wawancara. Hal-hal yang ditanyakan pada pendahuluan
itu sebaiknya adalah hal-hal yang menarik minat subjek. Dalam keadaan
yang demikian, penggunaan ‘bahasa ibu’ dari subjek mungkin akan sangat
membantu.
Pada pelaksanaan wawancara, pewawancra jangan menunjukkan sikap tidak
percaya terhadap dan kurang menghargai jawaban yang diberikan subjek dan
ajngan menunjukkan siakp yang tergesa-gesa. Adakalanya subjek
mengalami blocking, pikirannya ‘tersumbat’ sehingga proses wawancara
tidak berjalan dengan lancar. Dalam keadaan yang demikian, pewawancara
harus dapat membantu subjek untuk keluar dari keadaan itu. Itu dapat
dilakukan, misalnya denagn mengalihkan topik pembicaraan ke topik lain
untuk sementara waktu.
Hal lain yang perlu diperhatikan oleh pewawancara adalah bahwa ia harus
dapat memahami keadaan subjek, ia harus memiliki empati. Dengan cara
yang demikain, pewawancara akan lebih dapat mengarahkan wawancara sesuai
dengan kondisi subjek.
Suatu hal yang penting dalam wawancara adalah si pewawancara dapat
mengganti subjeknya (Nazir, 1988). Jika seorang responden misalnya
tidak ingin memberikan keterangan tentang suatu hal, maka peneliti dapat
pindah mencari responden lain. Tidak demikian halnya dalam pengamatan
langsung. Karena itu, si peneliti harus dapat mencari jalan supaya
pengamatan terhadap kejadian yang ingin diamati tidak boleh gagal.
Sebelum pewawancara turun untuk melaksanakan wawancara, maka dia harus
lebih dahulu memeutuskan apakah ia akan memperkenalkan dirinya sebagai
peneliti, ataukah ia akan bekerja sebagai incognito. Tetapi, pengalaman
memprlihatkan bahwa sebaiknya si peneliti atau pewawancara
memperkenalkan dirinya sebagai peneliti kelompok objek. Hal ini
memberikan beberapa keuntungan antara lain:
• Hal tersebut adalah hal yang sederhana untuk dilakukan, karena dengan
pemunculan orang asing secara tiba-tiba dapat menimbulkan kecurigaan.
• Akan mempertinggi kemungkinan memperoleh keterangan yang diinginkan.
• Jika ia bekerja secara incognito, maka ada perasaan kesalahan secara
etika dalam diri si peneliti dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang
dilakukan oleh objek yang sedang diteliti.
Yang paling penting dalam hal hubungan antara pengamat denagn yang
diamati adalah si pengamat harus dapat meyakinkan objek atau harus dapat
memberikan alasan-alasan yang tepat mengapa ia harus mengadakan
pengamatan terhadap perilaku atau fenomena yang ingin diamati. Dalam
partisipasi langsung untuk pengamatan kejadian atau fenomena maka adalah
sangat penting bagi si peneliti untuk membuat dirinya dapat diterima
dalam anggota kelompok di mana pengamatan akan dilakukan.
D. Pelatihan Wawancara
Latihan wawancara dilakukan untuk memberikan bekal keterampilan kepada
pewawancara untuk mengumpulkan data dengan hasil baik. Karena tidak ada
ukuran standar untuk survey ataupun pewawancara, maka tidak ada pula
program latihan yang baku. Sifat, materi, dan lamanya program latihan
disesuaikan dengan kebutuhan survey yang akan dilakukan. Misalnya
tergantung pada jumlah dan kualitas pewawancara, waktu yang disediakan,
mudah atau sukarnya kuisioner yang harus dipelajari dan juga besarnya
anggaran yang tersedia (Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, 1989).
Pada prinsipnya yang harus diberikan selama masa pelatihan formal
adalah:
a. penjelasan tujuan penelitian
b. penjelasan tujuan tugas pewawancara dan menekankan pentingnya peranan
pewawancara
c. penjelasan tiap nomor pertanyaan dalam kuisioner, baik konsep yang
terkandung di dalamnya maupun tujuan pertanyaan tersebut. Pewawancara
harus mengetahui dengan tepat maksud semua pertanyaan, agar dapat
mengumpulkan informasi yang tepat dan jelas.
d. Penjelasan cara mencatat jawaban responden.
e. Penjelasan cara pengisian dan arti dari semua tanda-tanda pengisian
kuisioner.
f. Pengertian yang mendalam mengenai pedoman wawancara, untuk mengurangi
sejauh mungkin kegagalan dalam mendekati responden. Pedoman wawancara
mencakup etika, sikap, persiapan, dan taktik wawancara.
g. Prosedur wawancara, dari mulai memperkenalkan diri sampai dengan
meninggalkan respponden.
h. Orientasi tentang masalah apa yang dapat timbul di lapangan dan
bagaimana mengatasinya.
i. Latihan wawancara
j. Diskusi tentang masalah latihan wawancara tersebut.
Pelatihan biasanya diarahkan pada cara-cara berkomunikasi dan cara
memperoleh informasi secara lebih mendalam serta cara-cara untuk
menciptakan suasana wawancara yang kondusif untuk mendapatkan informasi
yang sesuai dengan tujuan penelitian. Selain itu, cara untuk melakukan
pencatatan jawaban subjek juga perlu dilatih, terutama mengenai hal-hal
apa saja yang perlu dicatat dan tidak. Hal lain yan gperlu ditekankan
pada pelatihan adalah kewajiban pewawancara untuk menyampaikan ucapan
terima kasih dan meminta maaf apabila ada hal-hal yang tidak berkenan
selama wawancara berlangsung dan meminta kesediaan subjek untuk
diwawancara kembali seandainya masih diperlukan.
Pada pelatihan juga perlu ditekankan agar pewawancara memeriksa
kelengkapan maupun kejelasan jawaban atas tiap pertanyaan yang diberikan
oleh subjek sebelum mengakhiri wawancara. Pewawancara perlu dilatih
untuk agar bersikap faktual, tidak menggunakan sudut pandang pewawancara
untuk melakukan penilaian atas jawaban subjek.
Pada pelatihan yang berkaitan dengan cara pencatatan jawaban subjek,
pencatatan sebaiknya dilakukan dengan segera, tapi jangan sampai
menimbulkan kesan yang tidak baik bagi subjek. Hasil pelatihan terhadap
pewawancara sebaiknya diujicobakan terlebih dahulu untuk memperoleh
umpan balik guna memperbaiki kualitasnya. (Lerbin R. Aritonang, 2007)
Pewawancara pada suatu penelitian dapat terdiri atas suatu atau
beberapa orang. Wawancara itu seharusnya dilakukan oleh orang-orang
yang telah terlatih. Hal itu terutama dibutuhkan pada wawancara
mendalam dan wawancara kelompok focus. Pewawancara itu biasanya dipilih
dari orang-orang yang memiliki disiplin psikologi yang telah memperoleh
pelatihan tambahan pada waktu kuliah (Lerbin, 2007).
Pelatihan biasanya diarahkan pada cara-cara berkomunikasi dan cara
memperoleh informasi secara lebih mendalam serta cara-cara untuk
menciptakan suasana wawancara yang kondusif untuk mendapatkan informasi
yang sesuai dengan tujuan penelitian. Selain itu, cara untuk melakukan
pencatatan jawaban subjek juga perlu dilatih, terutamamengenai hal-hal
apa saja yang perlu dan tidak perlu untuk dicatat, bagaimana cara
mencatatnya dengan mudah, dan dalam keadaan yang bagaimana pencatatan
dilakukan. Hal lain yang perlu ditekankan pada pelatihan adalah
kewajiban pewawancara untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan meminta
maaf seandainya ada hal-hal yang tidak berkenen selama wawancara
berlangsung serta meminta kesediaan subjek untuk diwawancarai kembali
seandainya masih diperlukan.
Dalam mengajukan pertanyaan, pewawancara jangan bersikap seperti polisi,
hakim ataupun pihak yang paling mengetahui mengenai topic yang
dijelaskan. Demikian juga dengan nada bicara pewawancara. Dalam
keadaan tertentu, pewawancara perlu juga dilatih mengenai cara-cara
mendorong subjek untuk memberikan jawaban maupun mengorek lebih mendalam
informasi yang dibutuhkan, termasuk motivasi subjek serta kejelasan
maksud dari subjek atas jawaban yang diberikannya.
Pada pelatihan perlu juga ditekankan agar pewawancara memeriksa
kelengkapan maupun kejelasan jawaban atas tiap pertanyaan yang diberikan
oleh subjek sebelum mengakhiri wawancara. Pada wawancara, pewawancara
sering kali harus memberikan penilaian sendiri atas jawaban yang
diberikan subjek. Sehubungan dengan itu, pewawancara perlu dilatih agar
bersikap factual, tidak menggunakan sudut pandang pewawancara untuk
melakukan penilaian atas jawaban subjek.
Pada pelatihan yang berkaitan dengan cara pencatatan jawaban subjek,
pencatatan sebaiknya dilakukan dengan segera, tetapi jangan sampai
menimbulkan kesan yang tidak baik bagi subjek. Hasil pelatihan terhadap
pewawancara sebaiknya diujucobakan lebih dulu untuk memperoleh umpan
balik guna memperbaiki kualitasnya.
Wawancara dilakukan setelah persiapan, untuk itu dimantapakan. Dalam
persiapan wawancara, sampel responden, kriteria-kriteria responden,
pewawancara, serta interview guide, telah disiapkan dahulu (Nazir,
1988).
Interview guide sudah harus disusun dan pewawancara harus mengerti
sekali akan isi serta makna dari interview guide tersebut. Segala
pertanyaan yang ditanyakan haruslah tidak menyimpang dari panduan yang
telah digariskan dalam interview guide tersebut. Latihan wawancara
harus diadakan sebelum wawancara diadakan.
Umumnya pewawancara memegang peranan yang amat penting dalam memulai
wawancara. Pewawancara harus dapat menggali keterangan-keterangan dari
responden, dan harus dapat merasa serta membawa responden untuk
memberikan informasi, baik dengan jalan:
1. membuat responden merasa bahwa dengan memberikan keterangan tersebut
responden telah melepaskan kepuasannya karena suatu tujuan tertentu
telah tercapai.
2. menghilangkan pembatas antara pewawancara dan responden sehingga
wawancara dapat berjalan lancar.
3. keterangan diberikan karena kepuasannnya bertatap muka dan berbicara
dengan pewawancara.
Umumnya urutan-urutan prosedur dalam memulai wawancara adalah sebagai
berikut:
a. menerangkan kegunaan serta tujuan dari penelitian.
b. Menjelaskan mengapa responden terpilih untuk diwawancarai.
c. Menjelaskan institusia atau badan apa yang melaksanakan penelitian
tersebut.
d. Menerangkan bahwa wawancara tersebut merupakan suatu hal yang
confidensial.
Penjelasan tentang kegunaan dan tujuan penelitian dapat memberikan
motivasi kepada responden untuk berwawancara. Kesangsian responden
serta rasa curiga tentang keterlibatan atau pemilihan responden untuk
menjawab pertanyaan dapat dihilangkan dengan menjelaskan bagaimana
caranya dan mengapa responden yang bersangkutan terpilih sebagai
responden. Penjelasan tentang institusi atau badan yang melaksanakan
penelitian dapat membuat responden percaya bahwa keterangan-keterangan
yang diberikan akan digunakan untuk keperluan yang objektif pula. Sifat
wawancara yang konfidensial akan lebih mendorong responden untuk
memberikan keterangan tanpa sembunyi-sembunyi dan mendorong responden
memberikan keterangan secara jujur.
Kelancaran wawancara sangat dipengaruhi oleh adanya rapport. Rapport
adalah suatu situasi di mana telah terjadi hubungan psikologis antara
pewawancara dan responden, di mana rasa curiga responden telah hilang;
antara responden dan pewawancara terjalin suasana berkomunikasi secara
wajar dan jujur. Rapport adalah suasana atau atmosfir yang wajar dalam
berbincang-bincang, bukan sesuatu yang dibuat-buat atau yang ditanamkan
ke dalam suatu wawancara. Jika wawancara dimulai dengan
“Assalamualaikum” atau selamat pagi, kemudian menanyakan keadaan
anak-anak dan sebagainya, belum tentu rapport sudah ada. Rapport adalah
hubungan yang mendalam, seperti keterbukaan, toleransi, ramah, dan
pengertian dan sebangsanya dalam proses wawancara. Cara berpakaian,
cara menggunakan kata-kata, sikap hormat dan ramah tamah serta sifat
tidak sok dari pewawancara dapat menghasilkan suatu rapport sehingga
komunikasi dapat terjalin secara wajar dan tidak artificial. Air muka
yang manis tanpa terlalu banyak berbasa-basi juga perlu diperhatikan
dalam mengadakan rapport.
Dalam mencari keterangan, pewawancara janganlah mengalihakan
perhatiannya terhadap dan terlalu asyik dengan kertas dan pensilnya
saja. Pemendekan kata-kata dan merangkainya kembali kemudian, dapat
dibenarkan dalam mencatat wawancara.
Beberapa sikap pewawancara dalam bertanya harus diperhatikan.
Sikap-sikap tersebut adalah sebagai berikut:
a. Netral. Jangan memberikan reaksi terhadap jaawaban, baik denagn
kata-kata atau dengan perbuatan atau dengan gerak-gerik. Baik tidak
baik, senang tidak senang, setuju tidak setuju jangan sekali-kali
diperlihatkan oleh pewawancara dalam wawancara. Janagan memberikan
sugesti.
b. Adil. Dalam wawancara, semua responden harus dianggap sama, jangan
memihak pada sebagian responden sehingga responden merasa aman dalam
memberikan keterangannya.
c. Ramah. Tunjukkan keramahan yang wajar, tidak dibuat-buat, segar,
bermuka manis.
E. Pedoman Wawancara
Kesan pertama dari penampilan pewawancara, yang pertama diucapkan dan
dilakukan pewawancara, sangatlah untuk merangsang sikap kerja sama dari
pihak responden. Berdasarka pengalaman Michigan Survey Research Center
diketahui, bahwa responden lebih mengingat pewawancara dan cara dia
mewawancarai daripada isi wawancara. Karena itu, segala cara untuk
mendapatkan sambutan simpatik dan sikap kerjasama dari responden
sebaiknya dipahami dan dilatih dengan seksama. Dalam melaksanakan tugas
wawancara, pewawancara harus selalu sadar bahwa dialah yang membutuhkan
dan bukan sebaliknya (Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, 1989).
Pedoman untuk mencapai tujuan wawancar dengan baik adalah:
a. berpakaian sederhana, rapi, tanpa perhiasan
b. sikap rendah hati
c. sikap hormat kepada responden
d. ramah dalam sikap dan ucapan (tetapi efisien, jangan terlalu banyak
berbasa-basi), dan disertai dengan air muka yang cerah
e. sikap yang penuh pengertian terhadap responden dan netral
f. bersikap seolah-olah tiap responden yang kita hadapi selalu ramah dan
menarik
g. sanggup menjadi pendengar yang baik
Penggunaan metode wawancara biasanya diikuti dengan pedoman untuk
melaksanakan wawancara itu. Pedoman tersebut berisi butir-butir yang
akan ditanyakan, cara pencatatan dan pemberian skor (bila diperlukan)
atas jawaban responden. Selain itu, peralatan dan kondisi yang
dibutuhkan untuk pelaksanaan wawancara juga perlu dispesifikasikan pada
pedoman wawancara. Pada pedoman itu perlu juga dikemukakan persyaratan
atau karakteristik subjek yang akan diwawancarai (Lerbin, 2007).
Mewawancarai hampir sama dengan bermain piano – skill yang cukup bisa
diperoleh tanpa membutuhkan latihan formal. Tapi ada dunia yang berbeda
dalam keterampilan, dalam hal teknik, dan dalam kemahiran antara seorang
amatir yang bermain “dengan menggunakan telinga” dan seorang pianis
konser yang ahli. Pemain yang belajar sendiri secara mekanis pada
keyboardnya memainkan melodi-melodi tertentu yang melekat pada
ingatannya; sang seniman, yang dengan ahli menggabungkan penguasaan
teori musik, latihan yang tak terhitung lamanya, dan interpretasi
pribadi, menciptakan suatu efek yang secara teknik pas, menyenangkan di
telinga para pendengar, dan mengekspresikan perasaan paling mendalam
dari sang pianis (Charles Stewart dan W. B. Cash, 2003).
Wawancara biasanya adalah suatu pertukaran lisan yang saling
berhadapan langsung. Orang-orang yang terlibat berada di hadapan yang
lainnya dan melisankan pesan-pesan yang ingin mereka sampaikan dengan
suara keras. Ini memberikan wawancara sejumlah keuntungan dibandingkan
dengan kuesioner, karena (a) para responden memiliki kemungkinan lebih
besar untuk berbicara lebih banyak dibandingkan dengan menulis, (b)
orang-orang menjadi lebih termotivasi dengan kehadiran orang lain, dan
(c) pertukaran-pertukaran lisan menawarkan lebih banyak peluang-peluang
langsung untuk menyelidik, mengklarifikasi jawaban-jawaban dan
memberikan feedback.
Proses-proses yang berhubungan dengan melaksanakan wawancara adalah
mensetting suasananya, mendengarkan, menyelidiki, memotivasi, dan
mengendalikan wawancara. Hal-hal ini melibatkan suatu teknik komunikasi
tingkat tinggi, dan panduan-panduan yang relevan.
Komunikasi dua arah umumnya lebih efektif dari komunikasi satu arah.
Komunikasi satu arah dicirikan oleh pesan-pesan yang pada dasarnya
berjalan ke satu arah saja, misalnya, dari pewawancara ke yang
diwawancarai. Pengirimnya tidak begitu tertarik pada respon-respon,
pertanyaan-pertanyaan, komentar-komentar, atau reaksi-reaksi dari si
penerima. Sebagai akibatnya, dalam sebuah situasi satu arah si
pewawancara tidak merasa bahwa sudah terjadi saling pengertian atau
bahwa pesannya sudah efektif karena tidak ada umpan balik (feedback).
(Banyak orang yang merasa nyaman dengan situasi satu arah karena hal ini
efisien dalam hal menghemat waktu dan mereka tidak harus merasa
khawatir tentang reaksi mereka terhadap pertanyaan-pertanyaan atau
komentar-komentar).
Hindari keliru mengasumsikan objek sudah tahu dengan pasti hasil-hasil
yang mereka inginkan, si penerima pasti juga tahu. Sehingga, mereka
seringkali mengabaikan untuk memberikan rincian-rincian penjelas.
(Robert Kahn dan Charles Channel, 2003)
F. Wawancara Kelompok Fokus
Bila pada suatu wawancara hanya terdapat satu pewawancara dan satu
subjek, maka wawancaranya dinamakan wawancara mendalam individual. Bila
pada suatu wawancara ada satu pewawancara dan beberapa subjek, maka
wawancaranya disebut wawancara kelompok fokus. Subjek pada wawancara
kelompok fokus itu biasanya terdiri atas 8 sampai dengan 12 orang. Bila
pada wawancara itu ada satu pewawancara dan 4 sampai dengan 5 subjek,
wawancaranya disebut wawancara kelompok kecil.
Pada wawancara kelompok fokus, pewawancara sebenarnya lebih cenderung
berfungsi sebagai moderator yang mengatur dan memperlancar arus
pembicaraan. Wawancara itu biasanya berlangsung antara 1 samapai dengan 3
jam dalam suatu ruangan yang berlatar formal dan santai.
Para subjek yang disertakan dalam kalompok fokus adalah para subjek
yang bersifat homogen. Untuk itu, para subjek harus telah diseleksi
sebelum wawancara sehingga dapat diperoleh para subjek yang homogen.
(Lerbin R. Aritonang, 2007)
Proses wawancara pada suatu kelompok fokus biasanya dicatat dengan
menggunakan alat bantu, seperti video. Kemudian hasil rekaman video
itulah yang akan dianalisis guna menjawab permasalahan penelitian.
Teknik-teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif,
seperti pada analisis isi. Pewawancara pada kelompok fokus harus
memiliki ketrampilan yang tinggi untuk memperlancar jalannya diskusi dan
untuk mengungkap hal-hal yang bersifat diagnostik.
Tujuan utama dari wawancara ini adalah untuk memperoleh pangetahuan
yang mendalam dengan mendengar sekelompok orang dari pasar sasaran yang
tepat untuk membicarakan isu yang diamati dengan peneliti. (Malhotra,
1993)
Wawancara itu difokuskan pada penghayatan pribadi seseorang dalam
menghadapi suatu situasi yang khusus, seperti dalam menghadapi pimpinan
rapat yang otoriter. Struktur situasi pada wawancara itu sendiri harus
telah diselidiki sebelumnya oleh peneliti sehingga dapat menemukan
unsur-unsur serta pola-polanya yang penting. Berdasarkan hasil tersebut
kemudian dibuat pedoman wawancara. (Hadi, 1993)
Orang-orang dalam sebuah wawancara berada dalam sebuah hubungan
interpersonal. Meskipun demikian, variasi-variasi tertentu dari
wawancara bisa mencakup orang-orang dalam kelompok-kelompok. Umumnya,
peran pewawancara akan dikembangkan dalam hal tiga fungsi utamanya: (1)
merencanakan strategi-strategi, (2) melaksanakan atau mengatur
wawancara, dan (3) mengukur hasil-hasilnya.
Proses-proses yang berhubungan dengan melaksanakan wawancara adalah
mensetting suasananya, mendengarkan, menyelidiki, memotivasi, dan
mengendalikan wawancara. Hal-hal ini melibatkan suatu teknik komunikasi
tingkat tinggi, dan panduan-panduan yang relevan.
Orang-orang melakukan wawancara kelompok fokus biasanya untuk
tujuan-tujuan yang berhubungan dengan tugas; mereka punya sesuatu yang
ingin mereka capai, yakni, menyeleksi seseorang untuk suatu pekerjaan,
mengumpulkan data penelitian, menerima pasien, atau menulis kisah
berita. Tujuan terkait tugas inilah yang membedakan wawancara dari
sekedar perbincangan biasa. Suatu percakapan bisa sampai kemana saja;
akan tetapi, wawancara harus difokuskan pada kandungan isi yang sesuai
dengan tujuan utama. (Nazir, 1989).
G. Wawancara Mendalam
Sering jawaban responden kurang memuaskan karena masih bersifat terlalu
umum, dan kurang khusus, misalnya: “Anak dapat membantu orang tua”.
Membantu dalam hal apa? Di sini terdapat beberapa kemungkinan, kaena iu
perlu ditanyakan lebih lanjut. Inilah yang disebut menggali informasi
lebih dalam atau probing, sehingga diperoleh jawaban yang labih khusus
dan tepat.
Apabila jawaban responden kurang meyakinkan, maka perlu ditanyakan
keterangan lebih lanjut, dan kalimat yang disampaikan pun harus bersifat
netral.
Probing ini termasuk salah satu bagian yang paling sulit dalam
wawancara. Pengawas sebaiknya teliti dalam menilai jawaban-jawaban hasil
probing. Sangat baik dianjurkan kepada pewawancara agar selalu
menuliskan kalimat pertanyaan probing, di samping jawaban responden.
Dengan demikian pengawas dapat mengetahui apakah cara bertanya sudah
benar, tidak tendensius. (Masri Singarimbun, 1989)
Wawancara mendalam merupakan wawancara pribadi, langsung, dan tidak
terstruktur dengan seorang subjek yang diselidiki oelh pewawancara yang
sangat terampil untuk menemukan latar belakang motivasi, kayakinan,
sikap, dan perasaan subjek terhadap satu topik. Wawancara ini biasanya
berlangsung antara 30menit sampai dengan lebih dari satu jam.
Wawancara mendalam sering digunakan untuk mengungkap hal-hal yang
tersembunyi, yang sulit untuk diungkap dengan metode atau teknik
pengukuran lainnya. Untuk itu, pewawancaranya harus memiliki ketrampilan
yang tinggi untuk mengungkapnya. Selain masalah pewawancara, penentuan
xubjek yang akan diwawancara seringkali juga menjadi masalah. Wawancara
ini biasanya digunakan pada penelitian eksploratif. (Lerbin R.
Aritonang, 2007)
Wawancara mendalam adalah suatu bentuk yang khusus dari komunikasi
oral dan berhadapan muka dalam suatu hubungan interpersonal yang
dimasuki untuk sebuah tujuan tertentu yang diasosiasikan dengan pokok
bahasan tertentu. Keefektifannya bisa dinilai dalam hal tujuan
wawancara, teknik-teknik yang digunakan, kerangka waktunya, sudut
pandang orang yang melakukan evaluasi, dan reliabilitas dan validitas
informasi yang diperoleh.
Aspek-aspek wawancara mendalam yang dapat direncanakan adalah
tujuan-tujuan, pertanyaan-pertanyaan, setting, dan reaksi terhadap
permasalahan-permasalahan khusus. Perencanaan semacam itu bisa
memberikan kesiapan bagi si pewawancara untuk semua
kemungkinan-kemungkinan yang mungkin muncul dalam proses wawancara.
(Robert Kahn dan Charles Channel, 2003)
Wawancara-wawancara mendalam terjadi karena suatu tujuan, dan
memfokuskan pada jenis-jenis informasi tertentu. Salah satu
karakteristik dari pewawancara yang baik adalah kemampuan untuk
mengendalikan interaksi sehingga tujuan wawancara tercapai. Hal ini
berarti bahwa tidak semua komentar atau respon relevan. Oleh karenanya,
anda mungkin perlu menetapkan batasan-batasan mengenai jenis respon yang
tepat.
Karena feedback adalah dimensi wawancara mendalam yang penting,
pewawancara perlu melakukan upaya yang sangat penuh kesadaran dan
terencana untuk mendapatkan feedback apabila tidak diberikan secara
sukarela. Saran-saran berikut adalah teknik-teknik yang sangat
bermanfaat guna menghasilkan feedback: (1) meminta feedback; (2)
mendengarkan ketika diberikan; (3) melatih orang-orang agar merasa anda
mau menerima feedback; dan (4) mempertahankan suasana yang memungkinkan
adanya feedback.
Semua wawancara mendalam tersusun atas dua dimensi penting yang bisa
dianalisa keefektifannya: kandungan isi dan hubungan. Yang cenderung
akan lebih difokuskan adalah isi. Hendaknya melakukan wawancara untuk
mendapatkan informasi atau untuk memberikan informasi. Akan tetapi,
menganggap bahwa hubungan antar pewawancara dan orang yang diwawancarai
sama pentingnya dalam kebanyakan situasi. Bahkan, sifat-dasar hubungan
tersebut bisa menentukan apakah informasi tertentu telah disampaikan
selama wawancara atau tidak. (Dr. Nurul Murtadho, 1992).
H. Sumber Kekeliruan Pelaporan Hasil Wawancara
Perolehan data dengan memanfaatkan manusia, memiliki beberapa
kelemahan sehingga hasil pengukuran yang diperoleh mengandung
kekeliruan. Pada konteks wawancara ada beberapa hal yang menjadi sumber
kekeliruan pengukurannya, baik dari pewawancara maupun dari orang yang
diwawancarai, yaitu:
ingatan
hal yang seharusnya dilaporkan dilewatkan saja dan todak dilaporkan
melebih-lebihkan atau telah meramu jawabannya
mengganti hal yang tidak dapat diingat
tidak mampu mereproduksi kejadian menurut waktu atau hubungan
antarfakta seperti apa adanya. (Lerbin R. Aritonang, 2007)
Apabila responden menjawab ”tidak tahu”, maka pewawancara perlu
berhati-hati. Sebaiknya pewawancara tidak lekas-lekas meninggalkan
pertanyaan itu dan pindah ke pertanyaan lain. Jawaban ”tidak tahu” perlu
mendapat perhatian, sebab jawaban itu dapat mengandung bermacam-macam
arti, diantaranya:
a. responden tidak begitu mengerti pertanyaan pewawancara, sehingga
untuk menghindari menjawab ”tidak mengerti” maka menjawab ”tidak tahu”
b. responden sebenarnya sedang berpikir, tapi karena merasa kurang
tentram kalau membiarkan pewawancara menunggu lama, maka dia menjawab
”tidak tahu”
c. sering karena responden tidak ingin diketahui pikiran yang
sesungguhnya karena dianggap terlalu pribadi, maka dia menjawab ”tidak
tahu”. Dapat juga terjadi karena responden ragu-ragu atau takut
mengutarakan pendapatnya responden memang benar-benar tidak tahu. Tentu
saja itu mencerminkan jawaban sebenarnya. Namun, adalah tugas
pewawancara untuk mengamati responden dengan cermat. Benarkah responden
tidak tahu, atau adakah hal-hal lain di balik pikirannya. Dapat pula
pewawancara mengulang pertanyaan sekali lagi atau menambah pertanyaan
agar lebih yakin akan jawaban responden. (Masri Singarimbun dan Sofian
Effendi, 1989)
Sebagai contoh, Herbert Hyman melaporkan sejumlah penelitian yang
mempertanyakan reliabilitas data. Dalam sebuah penelitian, pewawancara
kulit hitam dan kulit putih mensurvey sebuah sampel orang-orang kulit
hitam dan mendapatkan informasi yang berbeda. Si pewawancara berkulit
hitam melaporkan lebih banyak kebencian mengenai diskriminasi
dibandingkan si peneliti yang berkulit putih. Kenapa bisa? Kita tidak
tahu pasti. Apakah orang-orang kulit hitam tersebut dengan sengaja
menahan informasi, atau apakah orang secara perseptual telah dibutakan
atau bias? Kita tidak tahu. Akan tetapi, fakta bahwa kedua kelompok
tersebut berbeda membuat kita mempertanyakan reliabilitas data. Ada
banyak penelitian seperti milik Hyman. Demikian pula, ketika dua orang
petugas perekrutan memiliki penilaian yang jauh berbeda mengenai seorang
kandidat yang sama, maka reliabilitasnya rendah. Karena jawaban-jawaban
interviewee tidak bisa dikendalikan sepenuhnya.
Salah satu penyebab terbesar dari permasalahan-permasalahan komunikasi
adalah bahwa kita menganggap bahwa orang-orang sama seperti diri kita
sendiri dan bukannya menyesuaikan diri dengan fakta bahwa mereka mungkin
berbeda dalam beberapa hal. Kadangkala harapan untuk mendapatkan
feedback tidak pernah diartikulasikan, dan orang-orangpun tidak
memberikannya. Sebagai contoh, dulu ada seorang interviewee yang
mendengarkan beberapa instruksi dari seorang interviewer. Komentarnya
cuma, “Ya, pak”. Inilah salah satu penyebab sumber kekeliruan pelaporan
hasil wawancara.
I. Keunggulan dan Kelemahan Wawancara
Kebaikan metode wawancara terletak pada keluwesannya. Artinya,
wawancara dapat dengan mudah disesuaikan dengan kondisi yang terjadi
pada saat wawancara berlangsung. Selain itu, melalui wawancara dapat
juga diungkap hal-hal yang tersembunyi yang mungkin tidak dapat diungkap
dengan metode lain, asalkan pewawancaranya memiliki ketrampilan yang
dibutuhkan.
Kelemahan metode wawancara adalah dari segi banyaknya waktu, tenaga,
dan biaya yang dibutuhkan. Selain itu, pewawancara yang memiliki
ketrampilan yang tinggi tidak mudah diperoleh, selain mahal, juga sulit
atau lama untuk melatihnya (Lerbin R. Aritonang, 2007).
Beberapa keuntungan metode wawancara ditinjau dari segi operasional
pekerjaan lapangan atau field work (Joseph R. Tarigan, 1995), antara
lain:
a. mengumpulkan data melalui wawancara perorangan biasanya persentase
hasil yang diperoleh lebih tinggi karena hampir semua orang dapat diajak
bekerja sama
b. keterangan yang diperoleh melalui metode ini lebih dijamin
kebenarannya daripada metode lain, karena petugas pencacah dapat
menerangkan daftar/kuisioner tersebut kepada responden sehingga
responden memberikan jawaban yang teliti. Apabila responden dengan
sengaja memalsukan jawabannya, petugas pencacah akan mencoba
menyadarkannya dengan menggunakan pendekatan khusus untuk mendapatkan
jawaban yang betul
c. petugas pencacah dapat mengumpulkan keterangan yang lengkap tentang
karakteristik pribadi responden dan sekitarnya dapat menasirkan dan
mengevaluasi hasil-hasil yang mewakili dari unit survey
d. dengan mempertunjukkan secara visual, responden dapat menangkap dan
mengerti apa yang dimaksud
e. kunjungan ulang (re-visit) untuk melengkapi keterangan yang kurang
pada daftar (kuisioner) atau membetulkan kasalahan-kasalahan, biasanya
dapat dilakukan tanpa mengecewakan responden
f. petugas pencacah mungkin berhasil mendapatkan jawaban yang lebih
spontan daripada kalau kuisioner tersebut dikirim lewat pos atau
ditinggalkan untuk diisi oleh responden
Walaupun metode wawancara memiliki berbagai keuntungan dalam pelaksanaan
lapangan, tetapi metode ini tidak lepas dari kelemahan-kelemahan,
antara lain:
a. pengaruh pribadi petugas pencacah dalam pelaksanaan wawancara dapat
menghambat jawaban responden. Contohnya: apabila pencacah menunjukkan
sikap tertentu (memaksakan pendapat), maka tanpa disadarinya akan
menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang memberikan konfirmasi atau
menguatkan pandangannya sendiri. Bagi petugas pencacah yang memiliki
sikap wawancara seperti ini, dianjurkan untuk menanyakan pertanyaan
sesuai dengan kata-kata yang terdapat dalam kuisioner.
b. Jika pencacah kenal dengan responden, maka mungkin responden akan
keberatan untuk memberikan keterangan-keterangan yang bersifat pribadi.
Responden mungkin menganggap hal ini sebagai mencampuri urusan pribadi
dan menghilangkan sifat rahasia survey ini.
Beberapa keuntungan melaksanakan pengumpulan data dengan menggunakan
metode wawancara adalah (Suparmoko, 1992):
a. pelaksanaan wawancara mungkin memakan waktu yang lebih lama sehingga
memungkinkan responden menjadi lebih mengerti akan topik yang
ditanyakan, sehingga hubungannya dengan materi yang relevan lebih
memungkinkan.
b. Pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya sangat sensitif untuk responden
dapat ditanyakan secara taktis oleh petugas pencacah sehingga tidak
menyinggung perasaan responden. Dengan melihat reaksi responden, petugas
pencacah dapat mengalihkan permasalahan kalau perlu memberikan
penjelasan-penjelasan mengenai persoalan survey ataupun
komentar-komentar lain unuk memancing responden memberikan jawaban.
Dengan kata lain, situasi yang agak rumit biasanya dapat diatasi lebih
baik dan efektif dengan persoalan metode wawancara dibandingkan dengan
metode lain.
c. Bahasa survey dapat disesuaikan dengan kemampuan atau tingkat
pendidikan responden. Oleh karena itu lebih mudah untuk emnghindarkan
salah pengertian atau salah pengarahan dari pertanyaan yang ada.
Walaupun demikian, perlu dicatat bahwa dalam survey tertentu adalah
penting untuk petugas pencacah supaya tidak merubah kata-kata atau
urutan pertanyaan yang ada, supaya mendapatkan jawaban yang bisa
dipercaya. Dalam hal ini kepada petugas pencacah akan diberitahu selama
mereka mengikuti latihan.
Kelemahan-kelemahan yang terdapat pada penggunaan metode wawancara
antara lain:
a. jika responden yang akan dikunjungi menyebar di daerah yang sangat
luas, maka biaya perjalanan dan waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi
responden tidak sedikit. Hal ini mungkin membuat penggunaan metode
wawancara menjadi tidak ekonomis dan tidak efisien.
b. Dalam memilih, melatih, dan membimbing petugas pencacah lapangan
diperlukan suatu organisasi, sehingga dalam pelaksanaannya lebih rumit
dibandingkan dengan metode lain.
c. Kesempatan dan waktu wawancara dengan responden terbatas artinya
mungkin hanya dapat dilakukan malam hari saja atau hanya satu atau dua
jam saja pada sore hari, sehingga membutuhkan banyak petugas agar waktu
yang ditentukan dapat dicapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar